Belajarlah Pada Kupu-kupu

Kehidupan mestinya simpel sekali...

Coba tengoklah di luar jendela dan amati bagaimana kupu-kupu beterbangan di antara pepohonan. Sesekali menghisap madu yang berada di dalam bunga, sesekali terbang mengejar pasangannya.

Mereka menjalani hidup demikian simpel. Sesimpel aktivitas mereka dari hari ke hari. Bangun pagi kemudian pergi mencari makan sepanjang hari, hingga kemudian petang hari baru kembali ke sarangnya untuk beristirahat.

Mereka tidak butuh sarang yang dilengkapi fasilitas home theater, elektronik mewah, solar heater, lantai marmer, dan petugas satpam di depan sarang mereka. Karena mereka hanya perlu sebuah ranting yang cukup kuat untuk menahan mereka hinggap semalaman.

Mereka juga tidak butuh kendaraan mewah yang dapat mengantar mereka ke tempat bunga-bunga berada. Karena mereka sudah memiliki sayap indah dan kuat untuk menahan beban tubuh saat mereka terbang.

Mereka juga tidak perlu serakah untuk menguasai seluruh bunga yang ada di taman untuk kepentingan pribadi hanya untuk menjamin persediaan makanan mereka hingga anak cucu tujuh turunan. Karena mereka hanya perlu sedikit madu yang cukup untuk sekedar mengisi perut mereka hingga nanti malam.

Mereka berkeyakinan, rejeki selalu tersedia di seluruh muka bumi ini selama mereka mau terbang untuk mengambilnya.

Jika melihat mereka, malu aku sebagai manusia.

Tidak ada komentar: